• Home
  • Berita
  • Riset Populix: Shopee Live Jadi Fitur Live Streaming Paling Populer

Riset Populix: Shopee Live Jadi Fitur Live Streaming Paling Populer

Redaksi
Jun 14, 2023
Riset Populix: Shopee Live Jadi Fitur Live Streaming Paling Populer
Jakarta -

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia turut mendorong pertumbuhan e-commerce. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2020, pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan mencapai $53 miliar pada 2025, dengan CAGR sebesar 29% dari tahun 2020 hingga 2025.

Kondisi ini membuat para pemain e-commerce beradu strategi guna meningkatkan daya tarik. Riset Snapcart: Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023 pun mengungkap kondisi pasar e-commerce saat ini. Berdasarkan dua indikator utama, yaitu Brand Use Most Often (BUMO) dan Top Of Mind (TOM), Shopee menduduki posisi pertama.

Adapun pada indikator Brand Use Most Often (BUMO), 61% responden memilih Shopee diikuti dengan Tokopedia (22%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (7%). Sedangkan untuk indikator Top Of Mind (TOM), Shopee unggul di 70%, diikuti oleh Tokopedia (22%), Lazada (5%) dan TikTok Shop (2%).

Meningkatnya persaingan e-commerce membuat para pemain e-commerce menghadirkan ragam inisiatif hingga inovasi untuk meningkatkan pengalaman belanja online. Salah satunya melalui live shopping yang disebut sebagai masa depan e-commerce.

Melalui laporan 'Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia', perusahaan riset Populi mengungkapkan ragam konten kreatif dan promo menarik menjadi daya tarik yang ditawarkan live shopping. Tak hanya bagi konsumen, keunggulan ini juga berdampak bagi para pelaku usaha.

"Berbagai konten atraktif, kreatif dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan dari tren live shopping melalui fitur streaming. Selain itu, promo menarik yang diberikan juga semakin meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time," ungkap Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2023).

Ia melanjutkan para pelaku usaha pun merasakan dampak positif sehingga untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, terdapat berbagai aspek-aspek yang mereka harus didalami untuk mempelajari pergerakan perilaku konsumen saat berbelanja online khususnya melalui fitur live streaming.

"Tidak heran saat ini sebagian besar pemain e-commerce di Indonesia mengembangkan fitur ini. Sehingga kami ingin mengerucut terhadap tren itu sendiri, apakah posisi platform pada market e-commerce saat ini mempengaruhi preferensi konsumen terhadap fitur live streaming yang dihadirkan dari masing-masing pemain," imbuhnya.

Platform Live Streaming Terpopuler Versi Populix

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada Mei 2023, sebanyak 69% responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan. Adapun jumlah ini melampaui e-commerce lainnya, yakni TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%) dan LazLive (2%).

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60% responden, diikuti TikTok Live (30%), LazLive (4%) dan Tokopedia Play (2%).

"Hal ini sejalan dengan hasil riset kami, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dan pangsa pasar nilai transaksi tertinggi, dibandingkan para pesaingnya," imbuh Timothy.

Foto: Dok. Populix

Gaya Belanja Masyarakat selama Live Streaming


1. Live Shopping dengan Kategori Terlengkap


Kelengkapan kategori menjadi faktor penting yang diperhatikan konsumen saat melakukan live shopping. Interaksi real time melalui video turut mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja kategori tertentu.

Pada riset ini, terlihat kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85%); kecantikan, perawatan & kesehatan (54%), gaya hidup (41%), kebutuhan rumah tangga (33%), produk sehari-hari/FMCG (32%), elektronik (25%), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16%). Hasil survei juga mengungkapkan dalam sebulan, masyarakat dapat berbelanja 2-4 kali dengan budget sekitar Rp 200.000 sekali transaksi.

Dalam hal ini, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan. Untuk kategori Fashion, Shopee Live digunakan oleh 79% responden, melampaui TikTok Live (44%). Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71%, melampaui TikTok Live (51%).

Dalam meneliti fitur streaming untuk aktivitas live shopping, Populix menggunakan 3 elemen untuk mendalami faktor kelengkapan kategori. Pada survei ini, Shopee Live menduduki posisi terdepan dengan 74% responden memilih sebagai fitur live streaming yang menawarkan rangkaian produk yang paling lengkap dan paling variatif, diikuti TikTok Live (20%), Tokopedia Play (10%) dan LazLive (9%).

"Menempati posisi terdepan bagi sebuah merek, tentunya bukan hanya keberhasilan dari satu faktor saja. Selain kampanye yang dihadirkan secara konsisten, inisiatif lainnya seperti kolaborasi dengan brand atau pelaku usaha yang sejalan dengan tema kampanye serta pemilihan public figure yang memang dapat mendukung topik tersebut, dapat menjadi pilar guna menciptakan strategi yang efektif dan efisien," jelas Timothy.

Foto: Dok. Populix

2. Live Shopping yang Menawarkan Penawaran Paling Menarik

Penawaran menarik menjadi daya tarik utama untuk berbelanja, baik offline, online, maupun live shopping. Pasalnya, sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).

Dari data hasil riset Populix, Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.

Shopee Live juga menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, melampaui para pesaingnya dengan persentase, Shopee Live (66%), TikTok Live (28%), Tokopedia Play (3%) dan LazLive (3%).

Sebagai informasi, survei Populix dilakukan pada Mei 2023. Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Populix terhadap total 506 responden laki-laki dan perempuan muslim berusia 17-45 tahun di Indonesia.

Adapun durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit. Pertanyaan survei pun dikemas dalam bentuk kuesioner dengan format pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, skala likert dan isian singkat.

(akd/ega)
back to top